10 Pilihan Batu Taman Ini Dapat Menambah Udara Segar

10 Pilihan Batu Taman

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

10 Pilihan Batu Taman – Pada umumnya kita sering menemukan taman yang menggunakan tanaman hias atau rumput-rumput sebagai media utamanya. Tetapi, tahukah Anda batu juga bisa menjadi pengganti rumput-rumput di taman? Batu taman bisa menjadi salah satu pengganti rumput.

“Pelayanan pembuatan taman profesional dengan harga yang murah? Hanya ada disini tempatnya!

Perlu kamu ketahui bahwa batu taman tidak membawa unsur hara pada tanah karena termasuk penutup tanah anorganik, tidak terurai dan tidak memperbaiki unsur hara tanah. Jadi, batu taman tidak membantu terhadap pertumbuhan tanaman.

Batu taman juga bisa mencegah terjadinya gulma pada taman Anda, tidak hanya menambah nilai estetika dari sebuah taman,

Jika Anda penasaran dengan jenis-jenis batu taman, silahkan ikuti pembahasan ini sampai habis.

Baca juga : Taman kering desain dan inspirasi pembuatannya

Apa Itu Batu Taman?

10 Pilihan Batu Taman
10 Pilihan Batu Taman

Batu taman merupakan batu alam seperti batu koral atau kerikil yang memiliki berbagai variasi dan bentuknya yang sangat unik. Tidak hanya itu, batu alam juga tersedia dalam berbagai warna dan ukuran.

Ciri khas yang menonjol pada batu alam koral atau kerikil yaitu terletak pada bentuknya yang berwarna-warni dengan tekstur permukaan yang polos dan tidak kasar.

Fungsi Batu Taman

Apakah anda sudah tahu bahwa batu taman memiliki manfaat pada tanaman? Batu taman atau kerikil yang ditempatkan pada pot bunga memiliki manfaat yaitu menghentikan penguapan air yang bersumber dari tanah.

Hal tersebut merupakan cara yang sangat efektif untuk menyerap overwatering pada tanaman Anda. Selain itu, hal ini membantu konsumsi air yang sehat bagi tanaman Anda.

Baca juga : Gaya taman rumah yang populer di masyarakat

Contoh Jenis Batu Taman Hias

10 Pilihan Batu Taman
10 Pilihan Batu Taman
  • Agregat Stone

Agregat merupakan batu yang memiliki material granular, seperti pasir, kerikil, batu pecah dan kerak tungku besi. Jika Anda ingin menambahkan dekorasi ke desain taman Anda, agregat adalah salah satu batu yang memiliki aksen sempurna.

Mulai dari kerikil kecil uang dekoratif hingga batu besar, agregat dapat membantu memberikan keindahan pada taman lanskap Anda.

  • Kerikil Kacang

Kerikil kacang merupakan batu kecil dekoratif yang dituangkan untuk mengisi lubang dan menciptakan lanskap impian. Jenis batu taman ini mirip dengan bebatuan yang digunakan untuk membuat saluran, perbedaan paling terlihat adalah pada ukuran batuan yang memiliki bentuk seperti kacang.

Batu taman ini sangat cocok untuk menjadi penutup di taman Anda, dengan ukurannya kecil dan ringan untuk ditempatkan di pot atau taman Anda.

  • Batu Sungai

Persamaan antara batu taman ini dengan batu kerikil kacang yaitu ada pada warnanya yang mengkilap, tetapi bisa dibedakan dari ukurannya yang sedikit lebih besar dari batu taman sebelumnya. Batu sungai merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan.

Batu ini sangat serbaguna dan praktis. Gunakan batu sungai untuk mengitari ruangan kosong di tamana Anda. Batuan sungai sangat cocok untuk menghadirkan bagian alam pedesaan yang menawan ke dalam lanskap rumah Anda.

2 Jenis Batuan Dari Alam

  • Lava Stone

Batu taman selanjutnya yaitu batu lava, batu taman ini berasal dari kubah vulkanik yang sangat serbaguna. Batu ini memiliki berbagai macam warna, mulai dari hitam pekat hingga merah cerah, ukurannya sangat bervariasi.

Dan batu taman ini dapat menahan air dan panas dengan baik yang nantinya akan membuat taman Anda semakin lebih indah.

  • Batu Boulder

Boulder merupakan batu yang belum di proses atau pun batu yang masih fresh dari hasil peledakan. Batu taman ini membuat tampilan taman semakin indah serta menciptakan simetri yang bertekstur.

Jika dipadukan dengan pencahayaan akses, batu boulder dapat menambah kesan elegan pada rumah. Anda juga bisa memadukan batu kecil untuk menghiasi elemen-elemen air pada taman.

  • Flagstone

Flagstone adalah batuan sedimen yang biasanya terbuat dari batu pasir yang diikat oleh mineral silika, kalsit, atau bijih besi.

Oleh karena itu lanskap dengan batu flagstone adalah cara yang bagus untuk menciptakan kesan yang modern. Anda bisa memilih batu taman ini sebagai alternatif yang bisa digunakan.

Contoh Batu Hias Untuk Taman Minimalis

  • Kapur

Batu kapur adalah batuan sedimen yang terdiri dari kalsium karbonat, atau karbonat ganda kalsium dan magnesium.

Maka hal ini umumnya terdiri dari fosil kecil, fragmen cangkang dan puing-puing fosil lainnya. Batu kapur memiliki tekstur yang lembut serta menciptakan desain yang sangat indah dan elegan untuk diaplikasikan pada taman Anda.

Dan biasanya orang-orang menggunakan batu kapur ini untuk jalan setapak dari teras menuju taman, dengan tekstur yang dimiliki batu taman ini dapat membantu memberi rumah Anda tampilan yang menawan.

Selain itu, batu kapur memiliki drainase yang akan membantu taman semakin menonjol.

  • Pasir Lembut

Sesuai dengan namanya, batu taman ini memiliki tekstur seperti pasir. Butir-butir kecil dapat menambahkan arsitektur yang bagus pada taman Anda.

Bluestone merupakan jenis batu pasir yang umum digunakan untuk membuat tekstur garis dan modern pada rumah. Batu taman ini memiliki finishing yang halus sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan permukaan yang kasar atau tajam.

2 Batu Taman Hias Yang Sering Digunakan
  • Split

Batu split yang satu ini terbuat dari material dengan tekstur sedikit agak kasar dari batu taman lainnya. Batu taman ini memiliki keunikan tersendiri karena menjalani proses pemecahan dari batu alam yang berukuran besar.

Dengan ciri khas yang dimiliki, batu split sangat cocok ditempatkan pada taman mengingat batuan split memiliki warna dan bentuk yang beragam serta materialnya yang berkarakteristik.

  • Batu Koral

Batu taman terakhir memiliki material yang berasal dari pembentukan alam, batu koral merupakan salah satu batu taman yang sangat digemari oleh semua orang karena dapat dipadukan dengan berbagai konsep taman.

Dan perlu kamu ketahui, batu koral memiliki berbagai macam jenis yang fungsinya bisa untuk bahan bangunan maupun dekorasi taman dan kolam ikan.

Namun. di Indonesia biasanya terdapat jenis koral yang memiliki warna abu dengan tekstur halus yang berasal dari Bengkulu. Batu taman ini sangat cocok untuk desain klasik hingga modern.

Kesimpulan

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan solusi dan bermanfaat bagi para pembaca. Dan itulah beberapa batu taman yang bisa Anda gunakan pada semua ruangan

Jika ada opini atau kata yang kurang berkenan Anda bisa meninggalkan kritik dan saran dikolom komentar.

Baca juga : Jasa pembuatan taman semakin betah di rumah

 

Artikel Terbaru

Quick Link

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp